Minggu, 27 Januari 2013

PROSPEK KERJA PRODI-PRODI DI UGM




Masa-masa kelas XII adalah masa galau karena bingung mau kuliah dimana?jurusan apa?. Banyak banget yang milih kuliah hanya berdasarkan nama dan ketenaran dari suatu bidang padahal jurusan yang lain pun sebenarnya memiliki prospek yang cukup menjanjikan. berikut ini adalah prospek-prospek dari seluruh prodi di Universitas Gadjah Mada, semoga bisa menjadi referensi yang membantu.. ^_^

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

1. Elektronika dan Instrumentasi
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai sistem elektronika dan instrumentasi, pengukuran dengan instrument elektronika, serta sistem dan pemrograman komputer.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja lembaga pemerintah (Kementrian Ristek dan Depdiknas), BUMN (Pertamina, PLN, PINDAD, Telkom, dan PN Gas), serta perusahaan multinasional bidang Teknologi Informasi.

2. Matematika
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai cabang-cabang ilmu matematika, meliputi analisis dan geometri, aljabar dan matematika diskret, matematika terapan, statistika, komputer, dan kalkulasi di bidang fisika, kimia, dan biologi.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di bidang sistem informasi, lembaga penelitian, industri minyak dan gas bumi, BUMN bidang telekomunikasi, Kementrian Ristek, Depdiknas, perusahaan asuransi, dan bidang perbankan, serta pasar modal.

3. Fisika
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai salah satu dari 5 kelompok minat keilmuan, yaitu fisika komputasi, fisika teori, fisika atom dan inti, fisika zat padat, atau kewirausahaan berbasis fisika terapan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di lembaga pemerintah (Kementrian Ristek dan Depdiknas), BUMN (Pertamina, PN Gas, dan PUSRI), industri swasta, serta wirausaha di bidang fisika terapan.

4. Kimia
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai sifat-sifat berbagai senyawa kimia dan perubahannya menjadi senyawa lain beserta energi yang menyertainya, metode pemurnian, dan pemanfaatan berbagai senyawa untuk keperluan
industri.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini berkerja di lembaga pemerintah (Kementrian Ristek, Depdiknas, Depkes, Deperindag, dan Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral), BUMN (Pertamina, PINDAD, PN Gas), lembaga penelitian, industri semen, petrokimia, obat-obatan, dan pertambangan.

5. Geofisika
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki keahlian Geofisika, yaitu analisis, dan penerapan fisika untuk struktur bawah permukaan bumi.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di lembaga pemerintah (Kementrian Ristek, Depdiknas, Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral), BUMN (Pertamina dan PN Gas), industri pertambangan (minyak, gas bumi, panas bumi dan mineral), dan lembaga penelitian.

6. Statistika
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai ilmu dan terapan statistika, analisis dan pengolahan data, rancangan percobaan, basis data, komputasi statistik dan stokastik, serta pengendalian kualitas statistik.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini berkerja di lembaga pemerintah (Biro Pusat Statistik, Depdiknas, Bapenas, dan Bappeda), biro konsultan statistik, perusahaan Asuransi, dan bidang perbankan, serta pasar modal.

7. Ilmu Komputer
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai sistem informasi dan multimedia, sistem komputer dan jaringan, algoritma dan komputasi, dan sistem cerdas.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di lembaga pemerintahan, BUMN, perbankan, lembaga penelitian, industri dan wirausaha di bidang komputer, serta berbagai institusi dan perusahaan terkait bidang Teknologi Informasi.

Alamat:
Sekip Utara BLS 21, Yogyakarta 55281
Telp (0274) 513339, Fax (0274) 513339
E-mail: dekan_mipa@ugm.ac.id
Website: http://mipa.ugm.ac.id

FAKULTAS TEKNIK

1. Arsitektur
Keunggulan:
Lulusan Arsitektur memiliki kompetensi kuat pada teknologi arsitektur yang berakar pada budaya lokal dan global, rekayasa, pengelolaan bangunan dan kawasan.
Prospek Karir:
Lapangan kerja lulusan sangat luas, antara lain industri real estate, konsultan, instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kementrian Perumahan Rakyat), peneliti di berbagai lembaga penelitian, dan dosen.

2. Teknik Elektro
Keunggulan:
Lulusan Teknik Elektro memiliki kompetensi dasar dan terapan di bidang ketenagaan listrik, komunikasi, informatika, dan instrumentasi.
Prospek Karir:
Lulusan dari program studi ini sangat dibutukan oleh instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kominfo), industri, terutama di PLN, industri kelistrikan, industri komputer dan informatika, telekomunikasi, elektronika, dan industri-industri yang menggunakan sistem instrumentasi kendali.

3. Teknik Geodesi
Keunggulan:
Lulusan dari program studi ini mampu menerapkan dan mengembangkan iptek yang berbasis pada peralatan modern geodesi dan geomatika, seperti melakukan survey, remote sensing, pengukuran variabel geodesi
dan geomatika dan mengolah data informasi kebumian untuk kepentingan pemetaan dan penyusunan sistem informasi.
Prospek Karir:
Alumni program studi ini sangat banyak bekerja di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Pertambangan, BPN, Bakosurtanal), dan lembaga lain seperti Pertamina, Perhutani, Perkebunan, perusahaan pertambangan mineral, konsultan survey dan pemetaan.

4. Teknik Geologi
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kemampuan komprehensif di bidang geologi mineral, struktur, hidrogeologi, pertambangan, geologi bencana alam, dan pemetaan.
Prospek Karir:
Lulusan Teknik geologi banyak bekerja pada instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral), perusahaan-perusahaan pertambangan swasta, seperti: pengolahan mineral, emas, logam, batu bara, minyak, dan gas bumi dalam negeri maupun asing.

5. Teknik Kimia
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai iptek dan pengembangan teknologi kimia dan mampu melakukan proses rekayasa berbagai industri kimia.
Prospek Karir:
Peluang kerja lulusan sangat besar pada instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Depkes), industri pupuk, industri petrokimia, industri pengolahan tambang,
industri minyak dan gas bumi, industri bahan makanan, peneliti, dan konsultan industri rekayasa.

6. Teknik Mesin
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kemampuan merekayasa mesin modern, produksi dan pemeliharaan mesin yang sangat banyak digunakan untuk kepentingan industri.
Prospek Karir:
Peluang kerja lulusan sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Dephub), industri mesin, industri kimia, jasa konstruksi mesin,
konsultan teknik, peneliti, dan tenaga pengajar di perguruan tinggi.

7. Teknik Industri
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kompetensi di bidang rekayasa dan pengelolaan industri, mampu merancang, menginstalasi, menjalankan, dan mengembangkan sistem-sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin,
bahan, energi, dan informasi.
Prospek Karir:
Lulusan bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri multinasional bidang kimia, mesin, elektronika, minyak dan gas bumi, serta di sektor konsultan proses industri.

8. Teknik Nuklir
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kompetensi dalam pengembangan dan penerapan iptek nuklir untuk kesejahteraan manusia, pemanfaatan bahan galian radioaktif secara aman, pemanfaatan radioaktif dan radiasi di rumah
sakit industri dan pembangkit listrik.
Prospek Karir:
Peluang kerja lulusan antara lain bekerja di instansi pemerintah (Depkes, Batan, Bapeten, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri kimia, industri permesinan, industri energi dan jasa
yang menerapkan teknologi nuklir, eksplorasi minyak dan gas bumi, industri informatika, dan pendidikan tinggi.

9. Fisika Teknik
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kemampuan di bidang pengembangan dan penerapan sistem industri, terutama di bidang rekayasa instrumentasi, rekayasa dan manajemen energi baru dan terbarukan.
Prospek Karir:
Peluang kerjanya sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Depkes, Batan, Bapeten, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri kimia, industri kertas, rumah sakit,
industri kimia, industri minyak dan gas bumi, industri energi baru, informatika, pembangkit listrik, serta lembaga riset.

10.Teknik Sipil dan Lingkungan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki keahlian di bidang perencanaan, konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur jalan, pelabuhan, jembatan, bandara, industri rekayasa struktur dan penatakelolaan sumber daya air.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini mudah terserap di dunia kerja, terutama di instansi pemerintah (Departemen PU, Departemen Pertanian, Bappenas, Bappeda, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), kontraktor bangunan dan infrastruktur, dan industri struktur swasta maupun asing.

11.Perencanaan Wilayah dan Kota
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kemampuan di bidang teknik dan manajemen perencanaan wilayah dan kota dengan sifat kekhasan masingmasing sesuai dengan potensi sumber daya lokal.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai perencana wilayah di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappenas, Bappedal, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), instansi swasta, sebagai konsultan, peneliti, dan pengajar di perguruan tinggi.

Alamat:
Jl. Grafika No 2, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) , 513665, 6492190 s.d. 6492194, Fax.: (0274) 589659
E-mail: teknik@ugm.ac.id, ftugm@yogya.wasantara.net.id
Website: http://fakultas-teknik.ugm.ac.id/

FAKULTAS KEDOKTERAN

1. Pendidikan Dokter
Keunggulan:
Melalui Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan strategi Belajar Berdasarkan Masalah (BBM) atau Problem Based Learning (PBL), Program Pendidikan Dokter UGM menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dengan standar internasional sebagai dokter umum. Lulusan program studi ini mampu mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama pendidikan.
Program Pendidikan Dokter UGM menghasilkan lulusan yang mem-punyai kompetensi dengan standar internasional sebagai dokter umum. Lulusan program studi ini mampu mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama pendidikan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan, TNI, Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di lembaga penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara mandiri sebagai klinisi.
 
2. Ilmu Keperawatan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menghasilkan tenaga perawat yang dapat bekerja secara profesional, bermoral, etis, mampu bekerja sama secara efektif dan efisien dengan tenaga kesehatan lain, serta mampu mengelola pelayanan keperawatan yang handal dengan standar internasional.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di rumah sakit pemerintah, swasta dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, termasuk sebagai tenaga perawat di luar negeri (Uni Eropa, Asia Tenggara, dan Timur Tengah).

3. Ilmu Gizi dan Kesehatan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai dasar-dasar Ilmu Gizi Kesehatan dan makanan, pengetahuan dan ketrampilan mengenai epidemiologi gizi, status gizi, antropologi gizi, psikologi gizi, ekonomi gizi, demografi gizi, pendidikan perilaku gizi dan terapi gizi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah gizi yang ada.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini dibutuhkan dalam upaya perbaikan gizi, baik di instansi pemerintah maupun swasta seperti rumah sakit, puskesmas, industri-industri makanan. Selain itu dapat bekerja sebagai pengajar, konsultan gizi, maupun bekerja di lembaga-lembaga lain yang bergerak dalam bidang penanggulangan masalah pangan dan perbaikan gizi.

Alamat:
Sekip, Yogyakarta 55281
Telp.: (0274) 6492500 s.d. 6492505; 560300, Fax. (0274) 581876
E-mail: fku@ugm.ac.id
Website: http://fk.ugm.ac.id/
FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI

Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai materi ketrampilan dasar klinik di bidang kesehatan gigi dan mulut, teori dasar pengelolaan pasien, diagnosis penyakit gigi, penggunaan obat dalam praktek, serta etika hukum kedokteran gigi. Selain itu, mempunyai kompetensi dasar dalam tindakan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bagi masyarakat.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan, TNI, dan Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di lembaga penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara mandiri sebagai klinisi gigi.

Alamat:
Jl. Denta No. 1, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 515307, 547667
Fax. (0274) 515307
E-mail: fkg@ugm.ac.id
Website: http://www.fkg.ugm.ac.id

FAKULTAS BIOLOGI

Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai pengetahuan biologi modern yang sesuai dengan perannya dalam biodiversitas dan bioteknologi, seperti biosistematik dan evolusi, biologi perkembangan, biologi sel dan molekular, biologi mikroba, dan biologi lingkungan.
Prospek Karir:
Sarjana biologi sangat dibutuhkan dalam pengembangan dunia ilmu pengetahuan, baik pengajar maupun peneliti di berbagai perguruan tinggi atau lembaga penelitian. Di samping itu, tidak sedikit alumni yang dipercaya sebagai staf ahli di berbagai instansi pemerintah dan industri milik pemerintah atau swasta.

Alamat:
Jl. Teknika Selatan, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 6492350, 6492351, 6492352, 6492354, 580839
Fax: (0274) 580839
E-mail: biologi-ugm@ugm.ac.id
Website: http://www.biologi.ugm.ac.id/

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS

1. Ilmu Ekonomi
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai ilmu ekonomi dan analisis ekonomi yang relevan dalam pengambilan keputusan di negara sedang berkembang.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), perusahaan swasta nasional dan internasional.

2. Akuntansi
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai aspek yang terkait dengan akuntansi, seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, pengauditan, dan sistem informasi.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), konsultan, serta perusahaan swasta nasional dan internasional.

3. Manajemen
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai salah satu dari 4 minat keahlian, yaitu manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen operasi dan sistem informasi, atau manajemen strategik.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, Bursa Efek), konsultan, perusahaan swasta nasional dan internasional.

Alamat:
Jl. Humaniora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 548 510-548 515, 548508, 6491200, Fax. (0274) 563212
E-mail: admin@fe.ugm.ac.id, dekanfe@ugm.ac.id
Website: http://fe.ugm.ac.id/

 FAKULTAS FARMASI

Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai ilmu farmasi dan trampil dalam mengelola bidang kefarmasian yang meliputi penga-daan, penyediaan, distribusi, pengawasan, penggunaan, pembuatan obat, pembuat-an formulasi obat, dan monitoring segala kegiatan yang menyangkut obat, obat alami, kosmetika, dan alat kesehatan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini berprofesi sebagai farmasis (ahli farmasi) di industriindustri farmasi, rumah sakit, atau menjadi apoteker. Peluang kerja sangat luas di dalam dan luar negeri.

Alamat:
Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 543120, 6492563, 6492564, Fax.: (0274) 543120
E-mail: farmasi@ugm.ac.id
Website: http://farmasi.ugm.ac.id

FAKULTAS FILSAFAT

Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kognisi kefilsafatan luas dan mendalam, memiliki kemampuan berpikir analisis-reflektif, radikal, komprehensif, integral mengenai berbagai persoalan teoritis-praktis dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam bidang religi-budaya, ilmu teknologi, sosial-politik, dan etika. memiliki kemampuan menyusun dan mengkomunikasikan konsep kefilsafatan pada umumnya, dan filsafat Pancasila pada khususnya.
Prospek Karir:
Dengan banyaknya aktivitas berpikir, membaca, berdiskusi dan dan latihan menulis selama kuliah, keluasan wawasan mahasiswa terbangun. Lulusan program studi ini bekerja dalam segala bidang tugas yang bermuatan intelektual, seperti peneliti, jurnalis, aktivis LSM, dan berbagai karir yang menuntut kreatifitas berpikir.

Alamat:
Jl. Olahraga, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp.(0274) 6491190-6491194
Fax.: (0274) 515368
E-mail: filsafat@ugm.ac.id
Website: http://filsafat.ugm.ac.id

FAKULTAS GEOGRAFI

1. Geografi dan Ilmu Lingkungan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini mampu membuat analisis dan interpretasi geografi. Membuat peta citra diagram dengan teknologi mutakhir, melakukan survey sosial untuk pengumpulan dan analisis informasi geografi manusia, melakukan analisis data spasial dan ruangan dengan penginderaan jauh, Sistem Informasi Geografi (SIG), dan pemodelan matematik.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di Bakorsurtanal, Bappeda, Bapedal, BPPT, Ditjen Bangda, BKKBN, LIPI, LAPAN, dan di departemendepartemen (Pertambangan, Transmigrasi, Kehutanan, dan Keuangan).

2. Kartografi dan Penginderaan Jauh
Keunggulan:
Lulusan program studi ini mampu menganalisis peta dan interpretasi citra penginderaan jauh, serta penyajiannya sebagai peta tematik yang komunikatif, analisis medan untuk kajian kewilayahan dan pembangunan regional, penerapan teknik analisis citra dan peta, serta pengolahan informasi spasial secara terpadu dengan dukungan teknologi sistem informasi geografi (SIG).
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di Bappeda, Dinas PU, Kehutanan, Kantor Pertanahan, sektor swasta, dan lembaga-lembaga penelitian.

3. Pembangunan Wilayah
Keunggulan:
Lulusan program studi ini mampu mengkaji karakteristik sumber daya wilayah, yang dilakukan antara lain dengan metode analisis geografis dan teknik-teknik perencanaan, serta aplikasi SIG. Lulusan juga memahami dimensi manusia, dimensi alam, ilmu wilayah, teknik perencanan pengembangan wilayah, analisis kewilayahan dan tata ruang, pengembangan sumber daya alam dan lingkungan, dan manajemen proyek pembangunan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini memiliki peluang besar untuk bekerja di Bappeda, Departemen Kimpraswil, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Departemen Kehutanan, Departemen Dalam Negeri, Direktorat Pembangunan Masyarakat Desa, BPN, BPPT, Bakorsurtanal, LIPI, atau pada dinas-dinas sektoral/teknis di tingkat daerah. Karir di sektor swasta juga terbuka lebar, misalnya perusahaan pemetaan, konsultan pembangunan, dan pengelola kawasan industri.

Alamat:
Sekip Utara, Jln. Kaliurang, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp.(0274) 6492340,Fax.: (0274) 589595
E-mail: geografi@ugm.ac.id
Website: http://geo.ugm.ac.id/

FAKULTAS HUKUM

Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai dasar-dasar pengetahuan hukum, mampu mengantisipasi perkembangan, serta berpikir secara komprehensif dan responsif terhadap perubahan masyarakat. Lulusan program studi ini menguasai salah satu dari 12 konsentrasi, yaitu Hukum Tata Negara, Hukum Tata Pemerintahan, Hukum Pajak, Hukum Lingkungan, Hukum Agraria, Hukum Adat, Hukum Perdata, Hukum Dagang, Hukum Pidana, Hukum Internasional, Hukum Islam, dan Hukum Acara.
Peluang karir:
Peluang karir sarjana hukum terbuka lebar, tidak hanya bidang tugas pengacara dan di institusi pengadilan, namun juga di bidang staf legal dan Human Resources Development (HRD) perusahaan.

Alamat:
Jl. Socio Yustisia, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp.: (0274) 512781, 6491280
Fax.: (0274) 512781
E-mail: hukum-hk@ugm.ac.id, dekan-hk@ugm.ac.id,
Website http://hukum.ugm.ac.id

FAKULTAS ILMU BUDAYA

1. Antropologi Budaya
Keunggulan:
Lulusan program studi ini mampu meneliti, mendeskripsi, dan mengkaji persoalan-persoalan budaya yang muncul seiring dinamika pergaulan antar bangsa/kelompok masyarakat. Keunggulan lulusan juga terletak pada kemampuan memahami dan memecahkan persoalan-persoalan budaya dari perspektif pelaku budaya itu sendiri, serta kesadaran dan kepekaan tinggi akan keanekaragaman budaya.
Prospek Karir:
Peluang karir lulusan program ini terbuka lebar di lembaga penelitian, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, media massa cetak maupun elektronik, serta lembaga-lembaga nasional maupun internasional yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat.

2. Arkeologi
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai ilmu tentang ragam peninggalan purbakala dan masa lampau manusia melalui peninggalan budaya materinya. Lulusan program studi ini juga mampu mengembangkan ilmu yang dimiliki untuk perencanaan dan pengembangan wisata budaya.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini berkarir di bidang-bidang yang terkait dengan arkeologi, kebudayaan, dan pariwisata, maupun
lembaga-lembaga publik, seperti media massa, LSM, konsultan lingkungan budaya, dan instansi swasta.

3. Sejarah
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai ilmu sejarah dan informasi tentang berbagai aspek kehidupan di masa lalu agar masa kini
dapat dipahami dan masa depan dapat dipersiapkan. Lulusan juga menguasai antara lain: substansi (isi) sejarah, metode sejarah, filsafat sejarah, teori dan metodologi sejarah, semua ilmu bantu bagi sejarah dan juga menguasai bahasa sumber, yaitu antara lain Belanda dan Inggris.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di berbagai penelitian dan penulisan di perguruan tinggi, pusat-pusat penelitian pada lembaga pemerintah dan swasta, serta media massa.

4. Sastra Indonesia
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai ilmu bahasa dan ilmu sastra dalam berbagai jenis, bentuk dan wujudnya. Materi yang dikuasai antara lain, Teori Bahasa dan Sastra, Kritik Sastra, Metodologi Penelitian Bahasa, dan Metodologi Penelitian Sastra.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini berprofesi menjadi ahli bahasa dan sastra Indonesia, penulis, editor, peneliti, pengajar, staf di instansi pemerintah/swasta dan pekerja dalam bidang media massa.

5. Sastra Nusantara
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai ilmu bahasa sastra, dan budaya Nusantara dengan obyek studi bahasa-bahasa daerah di nusantara, dengan titik berat bahasa Jawa termasuk bahasa Jawa Kuna dan Sansekerta.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini terbuka pada bidang-bidang pendidikan, media massa, penelitian di balai/pusat bahasa, atau bekerja di Balai Kajian Jarahnitra, Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala, Arsip Nasional, perpustakaan, museum, dan penerbit.

6. Sastra Inggris
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai bahasa dan sastra Inggris dan budaya penutur bahasa Inggris.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini dapat berkarier antara lain di dunia pendidikan, penelitian, pariwisata, media massa, perusahaan-perusahaan asing, kedutaan besar, kantor perwakilan Indonesia di luar negeri, lembagalembaga pemerintah maupun non pemerintah, dan perbankan.

7. Sastra Arab
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai bahasa (linguistik) sastra dan budaya Arab. Disamping itu, lulusan program studi ini juga menguasai bahasa Ibrani, bahasa Turki, dan bahasa Amiah, editing, dan jurnalistik.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini memiliki peluang kerja di departemen pemerintahan (Dalam Negeri, Luar Negeri, Agama, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pendidikan Nasional, Hankam), politisi, pariwisata, LIPI, penerbit buku, berbagai media massa, serta LSM.

8. Sastra Perancis
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai ilmu bahasa, sastra, dan budaya Perancis, serta Francophone.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di sektor-sektor yang memanfaatkan tenaga keperancisan, seperti pendidikan atau lembaga-lembaga bahasa, Departemen Luar Negeri, pariwisata, media massa, kedutaan-kedutaan besar di Indonesia dan KBRI di luar negeri, dan perusahaan swasta.

9. Sastra Jepang
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai bahasa Jepang, baik secara lisan maupun tulis, serta lingkup kajian bahasa, sastra, sejarah, dan budaya Jepang.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja pada perusahaan, baik nasional maupun multinasional, terutama menjadi staf pada dunia pendidikan, perbankan, pariwisata, dan Departemen Luar Negeri RI.

10.Bahasa Korea
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kemampuan berbahasa Korea, baik secara lisan maupun tulis yang disertai dengan wawasan tentang sastra, budaya, dan sosial-ekonomi Korea.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini b ekerja pada perusahaan-perusahaan Korea, Lembaga-lembaga pemerintah seperti Departemen Luar Negeri, Kedubes Korea, dunia pendidikan, perbankan, dan berbagai media massa.

Alamat:
Jl. Nusantara No.I, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp.: (0274) 513096, Fax. (0274) 550451,
E-mail: fib@ugm.ac.id
Website: http://fib.ugm.ac.id/

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK

1. Ilmu Administrasi Negara
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai pengetahuan tentang teori dan paradigma pembangunan klasik dan kontemporer, konsep dan model kebijakan publik, fokus dan lokus manajemen publik, serta pendekatanpendekatan dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga lulusan memiliki kemampuan teknis dalam hal perencanaan, implementasi, dan evaluasi program-program pembangunan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah. Diantara lembaga-lembaga pemerintah antara lain adalah Bappenas, Departemen dalam Negeri, Sekretariat Negara, Kementrian Pandayagunaan Aparatur Negara, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal dan Kementrian Koordinator Bidang Ekonomi, termasuk Pemerintah Daerah. Sedangkan lembaga-lembaga nonpemerintah antara lain adalah LSM pemberdayaan masyarakat dan lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi politik.

2. Ilmu Hubungan Internasional
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki kemampuan analisis strategi, politik, dan ekonomi internasional, serta memiliki kemampuan komunikasi secara lisan maupun tertulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja menjadi diplomat, jurnalis, analis politik internasional, staf perusahaan swasta, departemen pemerintah, perbankan, dosen, dan peneliti.

3. Ilmu Komunikasi
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai salah satu dari tiga bidang konsentrasi, yakni Konsentrasi Media, Konsentrasi sistem Penunjang Media, dan Konsentrasi Perspektif Media. Pada Konsentrasi Media, ilmu yang dipelajari terutama berkaitan dengan produksi teks media, terutama media massa modern, cetak dan elektronik. Dari konsentrasi ini diharapkan akan terlahir kemampuan sebagai pelaku dalam media. Pada Konsentrasi Sistem Penunjang Media, terutama akan dipelajari periklanan
dan public relations. Pada Konsentrasi Perspektif Media, terutama akan dipelajari aspek-aspek teoritis keberadaan media. Dari konsentrasi ini diharapkan akan muncul kemampuan untuk melakukan penelitian media.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini dapat berprofesi sebagai pakar atau pelaku sektor media massa (cetak dan elektronik), humas di berbagai lembaga pemerintah dan swasta, account executive, media planner, periklanan, dan peneliti.

4. Ilmu Pemerintahan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai prinsip-prinsp dinamika (internal dan eksternal) penyelenggaraan pemerintahan Negara. Dinamika internal pemerintahan meliputi proses legislatif, organisasi dan manajemen pemerintahan, sistem pemerintahan RI, sistem pemerintahan daerah RI, kebijakan pemerintah, dan birokrasi Indonesia. Dinamika eksternal pemerintahan meliputi Negara dan masyarakat sipil, analisis kekuatan politik Indonesia, serta masalah sosial dan pembangunan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja sebagai peneliti, dosen atau bekerja pada lembaga-lembaga pemerintahan (Bappenas, Departemen Sosial dan Departemen Dalam Negeri), media massa, dan praktisi di berbagai lembaga publik dan swasta seperti menjadi politisi di DPR maupun LSM.

5. Ilmu Sosiatri
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai teori kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat, maupun memahami dan menganalisis berbagai pendekatan dalam kebijakan sosial untuk memecahkan masalah sosial, maupun menganalisis proses
penyusunan strategi, implementasi, evaluasi dan monitoring kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah, selain seperti Departemen
Pendidikan, Departemen Tenaga Kerja, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah Daerah, lulusan juga dapat bekerja di lembaga internasional seperti UNDP, serta pada berbagai LSM yang bergerak pada bidang sosial ekonomi, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dan dosen.

6. Sosiologi
Keunggulan:
Lulusan program studi ini mempunyai pengetahuan tentang teori sosiologi klasik, maupun sosiologi tertentu, seperti: sosiologi perkotaan, pedesaan, ekonomi, pembangunan, pendidikan, dan gender. Selain itu lulusan program studi ini juga mempunyai pengetahuan tentang sejarah sosial politik Indonesia, sosiologi konflik, masyarakat sipil dan demokrasi, serta metodologi penelitian sosial, sehingga mampu memahami fenomena sosial secara obyektif, menganalisis berbagai permasalahan pembangunan, dan mampu menawarkan konsep pembangunan politik maupun ekonomi yang mempertimbangkan berbagai latar belakang dan karakteristik sosial guna meminimalkan dampak dari pembangunan tersebut.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di lembaga-lembaga pemerintah, seperti Bappenas, Departemen Dalam Negeri, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah daerah. Selain itu, lulusan juga dapat bekerja pada lembaga internasional seperti UNDP, serta pada berbagai LSM pemberdayaan masyarakat, lembaga-lembaga penelitian
sosial ekonomi, dosen, dan penulis pada media massa.

Alamat:
Jl. Sosio Yustisia, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 563362, Fax. (0274) 563352 Ext. 222
E-mail: sekdeksp@ugm.ac.id,
Website: http://fisipol.ugm.ac.id

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN

Keunggulan:
Lulusan program studi ini ahli dalam melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorik, diagnosis, pencegahan dan penanganan penyakit hewan dan/atau penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau manusia ke hewan. Lulusan juga menguasai tata cara penulisan resep, penyusunan nutrisi hewan, budidaya, peningkatan produksi, serta konservasi dan pemanfaatan satwa untuk kesejahteraan manusia dan lingkungan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Departemen Pertanian, Departemen Kehutanan, Departemen Kelautan dan Perikanan, Depkes, Depdiknas), TNI dan Kepolisian, industri BUMN/swasta, peneliti di lembaga-lembaga penelitian, dan praktek dokter hewan.

Alamat:
Jl. Olahraga, Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp.: (0274) 560861, 560862, Fax.: (0274) 560861
E-mail: fkh@ugm.ac.id
Website: http://fkh.ugm.ac.id/

FAKULTAS KEHUTANAN

1. Manajemen Hutan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini mampu mengelola ekosistem hutan secara profesional baik dari aspek ekologi, sosial, ekonomi dan politik. Lulusan juga memiliki kemampuan di bidang silvikultur, ilmu ukur kayu, inventarisasi hutan, perencanaan hutan, dan manajemen hutan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini selain bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, dan Depdiknas), juga dapat bekerja pada instansi/perusahaan baik BUMN maupun swasta, biro konsultan, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan wirausaha perkayuan.

2. Budidaya Hutan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai konsep silvikultur intensif meliputi ekosistem hutan, pembangunan dan pemeliharaan ekosistem hutan, rekayasa genetik, rekayasa tempat tumbuh, dan perlindungan hutan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini selain bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, dan Depdiknas), juga dapat bekerja pada instansi/perusahaan baik BUMN maupun swasta, biro konsultan, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan wirausaha perkayuan.

3. Teknologi Hasil Hutan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai dasar dan aplikasi Teknologi Hasil Hutan. Selain itu, lulusan juga memi-iki keahlian dalam bidang perekatan, konstruksi, pulp kertas, energi biomassa, perencanaan dan manajemen industri hasil hutan, pengenda-lian mutu hasil hutan, dan penanganan limbah industri hasil hutan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini selain dapat berkarir di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Keuangan, Departemen Pendidikan Nasional, Pemda, Depkop, dan PPKM), juga dapat mengembangkan karir di industri kehutanan dan perkayuan.

4. Konservasi Sumber Daya Hutan
Keunggulan:
Lulusan menguasai teknik pelestarian sumberdaya hutan secara berkelanjutan untuk melindungi, mengawetkan dan memanfaatkan sumberdaya hutan berkelanjutan.
Prospek Karir:
Lulusan program ini bekerja di instansi pemerintah (Departemen Kehutanan, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Kementrian Lingkungan Hidup), lembaga penelitian, perusahaan multinasional dan nasional, LSM (WWF Indonesia, Conservation International, Wildlife Conservation Society).

Alamat:
Jl. Agro Bulaksumur Yogyakarta 55281
Telp.: (0274) 512102, 6491420, Fax.: (0274) 550541
E-mail: fkt@ugm.ac.id, fkt-ugm@indo.net.id
Website: http://fkt.ugm.ac.id/

FAKULTAS PERTANIAN

1. Agronomi
Keunggulan:
Lulusan program studi ini ahli dalam bidang ilmu tanaman dan produksi tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini selain bekerja di Departemen Pertanian, Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga Penelitian, BUMN, perusahaan swasta, dan sebagai wirausaha bidang produksi tanaman.

2. Pemuliaan Tanaman
Keunggulan:
Lulusan program studi ini ahli dalam bidang pemuliaan tanaman konvensional dan bioteknologi atau benih.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini selain bekerja di Departemen Pertanian, Departemen Pendidikan Nasional, Lembaga Penelitian, BUMN, perusahaan swasta, dan sebagai wirausaha produksi benih.

3. Sosial Ekonomi Pertanian/ Agribisnis
Keunggulan:
Lulusan program studi ini ahli dalam bidang ekonomi pertanian dan agribisnis, serta kebijakan pangan dan pembangunan pertanian dengan menggunakan pendekatan mikro maupun makro.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di Bank Indonesia, Departemen Keuangan (Bea Cukai, Pajak dan Anggaran), Bappenas, Perbankan (Bank pemerintah dan swasta), BUMN, Bulog, Departemen Perdagangan, Departemen Kehutanan, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Koperasi dan UKM, Badan Pusat Statistik (BPS), Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Lembaga Penelitian, Bappeda, Konsultan, dan wirausaha di bidang agribisnis.

4. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Keunggulan:
Lulusan program studi ini ahli dalam bidang Penyuluhan dan Komunikasi yang meliputi Pengelolaan Penyuluhan di tingkat petani dengan pemahaman kondisi masyarakat desa, serta pengembangan penyebaran informasi pertanian.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini dapat pada bidang yang berhubungan dengan komunikasi dan penyebaran informasi pertanian, misalnya: Departemen Pertanian, Depsos, Depnakertrans, Departemen Kehutanan, Depdiknas, media massa, Bulog, Perbankan baik BUMN maupun swasta, serta konsultan.

5. Mikrobiologi Pertanian
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki keahlian di bidang teknologi berbasis mikroorganisme untuk industri pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di industri swasta/BUMN di bidang perkebunan, perikanan, pertambangan, pakan, pangan, obat tradisional, dan bahan kimia, maupun lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, Kementrian Lingkungan Hidup, BPPOM, Bappeda, dan Bapedalda), serta lembaga-lembaga penelitian.

6. Ilmu Tanah
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki keahlian dalam pengelolaan tanah dan sumberdaya lahan yang berwawasan lingkungan.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan, Lingkungan Hidup, Bappeda, Bakosurtanal, Balai Penelitian dan Pemda), Perusahaan BUMN dan swasta pertanian, perkebunan dan kehutanan.

7. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini memiliki keahlian dalam bidang pengelolaan hama dan penyakit tumbuhan berdasarkan pada prinsip PHT untuk mendukung sistem produksi pertanian yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, LIPI, Bappeda, Badan Karantina Nasional), perusahaan-perusahaan BUMN dan perusahaan swasta nasional maupun internasional.

8. Budidaya Perikanan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai teknologi dan manajemen yang berhubungan dengan pembenihan dan pembesaran ikan, pakan ikan, kualitas air, pengendalian hama dan penyakit, perencanaan usaha dan kewirausahaan budidaya perikanan air tawar, payau dan laut.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas, Badan Karantina Nasional), Pemerintah Daerah, Perbankan, perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan.

9. Manajemen Sumberdaya Perikanan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai dan mampu menerapkan serta mengembangkan pengelolaan perairan dan perikanan, serta mengendalikan tingkat pemanfaatan sumber daya hayati perairan secara rasional dan lestari demi pembangunan yang berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Kehutanan, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas/Bappeda), perbankan, NGO, dalam dan luar negeri, perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan dan kelautan.

10.Teknologi Hasil Perikanan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini mampu menguasai dan mengembangkan teknologi pasca panen hasil perikanan, serta mampu merencanakan industri pengelolaan yang dapat menghasilkan produk berdaya saing tinggi dan berwawasan lingkungan.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Pendidikan Nasional, Deperindag, Kementrian Ristek, Bappenas, Pemerintah Daerah), perbankan, wirausahawan, dan perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang perikanan.

Alamat:
Jl. Flora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp./Fax.: (0274) 563062
E-mail: faperta@ugm.ac.id
Website: http://faperta.ugm.ac.id
FAKULTAS PETERNAKAN

1.Ilmu dan Industri Peternakan
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai pengembangan IPTEK bidang produksi ternak, nutrisi dan makanan ternak, teknik pengelolaan usaha peternakan, dan teknik pengolahan produk ternak.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah (Departemen Pertanian, Kementrian Ristek, Bappeda, Deperindag, Depkop dan PPKM), dan di perusahaan-perusahaan BUMN maupun swasta bidang peternakan.
Alamat:
Jl. Agro Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 513363, Fax: (0274) 521578
Email: fapet@ugm.ac.id
Website: http://fapet.ugm.ac.id/

FAKULTAS PSIKOLOGI

Keunggulan:
Lulusan program studi ini mempunyai keunggulan dalam pengetahuan dasar psikologi dan teknik pengamatan objektif dalam menafsirkan perilaku manusia, penelitian, pengggunaan alat pemerikasaan psikologi berikut analisis dan penafsiran hasilnya dalam pelayanan psikologi, kepekaan atas nilai, proses, dan masalah sosial, budaya, agama, politik, ekonomi yang berpengaruh pada perilaku manusia, dan melakukan permeriksaan psikologi yang professional dan ilmiah.
Prospek Karir:
Lulusan program studi ini dibutuhkan oleh berbagai instansi atau perusahaan yang membutuhkan staf dengan teknik analisis yang kuat berkaitan dengan perubahan lingkungan yang semakin dinamis, sehingga dapat melakukan proses pengambilan keputusan dengan tepat.

Alamat:
Jl. Humaniora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp.: (0274) 522240; 522407 Fax, (0274) 550436
E-mail: fpsi@ugm.ac.id
Website: http://psikologi.ugm.ac.id/

FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN

1. Teknik Pertanian
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai teknik dan manajemen proses produksi, penanganan dan pengolahan massa hayati untuk memenuhi kebutuhan manusia, dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.
Prospek karir:
Lapangan kerja bagi lulusan sangat luas, misalnya di bidang yang berkaitan dengan teknik pertanian baik pemerintah maupun swasta, bidang penelitian dan pengembangan, desain, konstruksi, operasi dan pemeliharaan, pemasaran, dan manajemen.

2. Teknologi Pengolahan dan Hasil Pertanian
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai ilmu dan teknologi pangan serta hasil pertanian, yang didasarkan pada aspek kimia-biokimia pangan, bioteknologi pangan, rekayasa pangan, dan gizi pangan.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini bekerja di departemen teknis, meliputi Departemen Pertanian, Perindustrian, Perikanan, Lembaga Penelitian dan Pengembangan, industri pangan, serta wirausaha bidang pangan.

3. Teknologi Industri Pertanian
Keunggulan:
Lulusan program studi ini menguasai teknik manajemen produk hayati, teknik manajemen proses pengolahan, teknik manajemen distribusi dan penyampaian produk kepada konsumen, serta pengembangan produkproduk industri pertanian.
Prospek karir:
Lulusan program studi ini bekerja di Departemen Kehutanan, Depdiknas, Lembaga Penelitian, dan industri teknologi pertanian, serta wirausaha bidang industri pertanian.

Alamat:
Jl. Sosio Yustisia, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp: (0274) 6491320, 589797, 551220, Fax.: (0274) 589797
E-mail: fateta@ugm.ac.id, dekan-tp@ugm.ac.id,
agtechugm@yogya.wasantara.net.id
Website: http://www.tp.ugm.ac.id/
Kantor Pusat UGM, Lantai III, Sayap Selatan,
Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 551222, 6491808, 6491919
Fax. (0274) 551222
E-mail: umugm@ugm.ac.id
Website: http://um.ugm.ac.id
Sekretariat UM UGM

7 komentar:

Unknown mengatakan...

kak, kalo cewek mau masuk tekkim itu bagus ga?

Pahru Roji mengatakan...

masuk HI Amiin

Rahma mengatakan...

Terimakasih atas informasinya :)

Anonim mengatakan...

Makasih infonya membantu banget,semoga bisa masuk psikologi UGM aamiin☺

Unknown mengatakan...

Membantu sekali,terima kasih banyakšŸ¤—

agentaruhanbolavita mengatakan...

Bolavita Merupakan Agen Bola Terbesar Di indonesia !! - Ayo Daftar Akun Bola Anda Dan Pasang Taruhan mu Serta Menang Bersama BOLAVITA

Dapatkan Promo Bonus 10% NEW MEMBER / Cashback Hingga 10%

Bolavita Menyediakan Promo Bonus New Member & Bonus Setiap Minggu'a.. Bahkan Bolavita Membuat Event Lucky Draw Setiap Bulan'a Teman-teman.. Info

Hubungi Kontak CS BOLAVITA Di Sini (24 jam Online):

• BBM: BOLAVITA
• WeChat: BOLAVITA
• WA: +6281377055002
• Line : cs_bolavita

sherelelelele mengatakan...

Thanks kak, informasinya bermanfaat sekališŸ™

Posting Komentar